I2N1kFkXLmYCBOZ6s5go4R78sqBXKaymujCVzajD

Cari di Sini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Navigation menu

Halal Center Universitas Jember Dibuka, Bisa Bantu UMKM

Halal Center Universitas Jember Dibuka, Bisa Bantu UMKM


Halal Center kini hadir di Universitas Negeri Jember (Unej) yang bisa membantu UMKM dengan produk sesuai ketentuan agama Islam. Hal itu sebagai bentuk pengabdian kampus yang menyasar komunitas muslim di wilayah Tapal Kuda.

Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan secara umum Halal Center akan menjadi pusat kajian dan pengembangan ekonomi syariah. Halal Center tersebut kini menjadi salah satu dari empat kelompok peneliti di kampus itu yang fokus mengkaji ekonomi syariah.

“Bahkan peneliti kami sudah melakukan riset terkait minat masyarakat terhadap wisata halal yang hasilnya sudah kami sampaikan kepada Bupati Banyuwangi untuk dijadikan pertimbangan dalam mengembangkan wisata halal di Banyuwangi,” kata Iwan dalam peluncuran Halal Center di Masjid Al-Hikmah Unej, Jumat 30 April 2021.

Selain itu pihaknya tengah mendampingi pelaku UMKM di 2 desa di Kabupaten Bondowoso. Pelaku UMKM di Desa Dawuhan dan Karanganyar itu berupaya menerapkan ekonomi syariat.

Ketua Halal Center Unej Moehammad Fathorrazi mengatakan, pihaknya telah lama melakukan kajian produk halal dan ekonomi syariah. Diantaranya mendampingi pembentukan Bumdes Syariah Desa Dawuhan yang membantu mengkoordinir pembayaran dan penyaluran zakat.

“Karena setiap keuntungan kami potong 2.5 persen untuk zakat yang didistribusikan pada masyakat sekitar sana,” kata pria yang kerap disapa Rosi itu.

Halal Center di Jember itu kemudian dibangun untuk mewadahi berbagai kegiatan serupa. Pihaknya berharap unit kajian ekonomi syariah itu bisa menghasilkan lebih banyak riset dan pendampingan rill pada masyarakat.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Total Kunjungan Bulanan