Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sinkron Kontak Gmail ke Android yang Bisa Mencegah Kehilangan Data

cara sinkron kontak Gmail ke Android, cara mengaktifkan sinkronisasi akun google, sinkronisasi google kontak, sinkronisasi kontak, sinkronisasi gmail
Cara sinkronkan kontak Gmail ke Android (Unsplash)

Cara sinkronkan kontak Gmail ke Android saat ini bukanlah perkara yang rumit. Lantaran gawai yang beredar di Indonesia kebanyakan telah dilengkapi menu yang jelas dan berbahasa Indonesia.

Sinkronisasi Google Kontak merupakan salah satu layanan yang sudah tersedia di gawai Android, yakni dengan terhubung pada akun Gmail.

Namun Google sendiri mengatakan, ada beberapa kondisi yang mungkin membuat gawai Android tidak otomatis menyimpan kontak HP ke Google Kontak.

Entah itu layanan tambahan produsen gawai atau hal lain yang menjadi penyebabnya. Padahal, hal itu berkaitan dengan sinkronisasi kontak di gawai dan akun Gmail-nya.

Kelancaran sinkronisasi saat ini sangat penting, karena masyarakat cenderung berganti-ganti HP atau masing-masing memiliki beberapa gawai Android.

Betapa repotnya bila harus mencatat nomor seorang rekan di semua gawai yang dimiliki, satu per satu. Sehingga jangan sampai akun Gmail tidak bisa sinkronisasi kontak di HP Android.

Cara sinkron kontak Gmail ke Android secara otomatis di bawah ini merupakan tutorial yang bersumber dari petunjuk Google, tentang mencadangkan dan menyinkronkan kontak perangkat.

Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Akun Google Kontak:

  1. Pilih menu "Setting" atau "Setelan" di dalam gawai
  2. Secara berurutan, klik sub-sub menu Google > Setelan untuk aplikasi Google > Sinkronisasi Google Kontak > Juga sinkronkan kontak perangkat > Otomatis cadangkan & sinkronkan kontak perangkat.
  3. Kemudian aktifkan fitur "Otomatis cadangkan & sinkronkan kontak perangkat."
  4. Akan muncul pilihan akun Gmail yang akan disambungkan dengan sinkronisasi kontak. Pilih salah satu.

Sinkronisasi kontak sudah selesai. Dengan demikian, setiap nomor kontak baru dimasukkan, akan secara otomatis tersimpan di Google Kontak atau akun Gmail yang digunakan tersebut.

Akun Gmail itu akan terus menyimpan kontak-kontak yang sudah masuk, untuk selanjutnya menjadi cadangan dan bisa digunakan kembali di masa depan.

Sementara gawai atau kartu SIM yang digunakan tersebut, tidak akan lagi menyimpan kontak. Sehingga saat gawai dan SIM tidak digunakan lagi, dan akun Gmail dikeluarkan atau log out, tidak ada data kontak tersisa di gawai itu.

Selain itu, untuk akun Gmail anak (ada jenis akun khusus anak), atau akun G Suite yang biasa digunakan untuk kantor atau sekolah, tidak bisa mengaktifkan sinkronisasi kontak tersebut.

Cegah Kehilangan Data Kontak

Sinkronisasi Google Kontak, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bisa membantu kita mencegah kehilangan data kontak rekan-rekan kita. Misalnya saat gawai hilang, atau ganti baru.

Bila di masa depan hal itu terjadi, gawai baru bisa dimasuki atau log in akun Gmail, yang sebeumnya telah digunakan untuk sinkronisasi Google Kontak.

Cara sinkronkan kontak Gmail ke Android yang sebelumnya sudah diterapkan, akan membuat gawai baru secara otomatis terisi kontak yang sebelumnya tersimpan di akun Gmail.

Gmail tidak bisa sinkronisasi mungkin masih muncul dalam beberapa kasus. Untuk mengatasinya, silahkan baca artikel cara mengatasi kesalahan sinkronisasi pada akun Google. (Selabar.id/Udi)