I2N1kFkXLmYCBOZ6s5go4R78sqBXKaymujCVzajD

Cari di Sini

Gambar tema oleh Igniel

Laporkan Penyalahgunaan

Navigation menu

Fakultas Hukum Unej Buka Pelayanan Bantuan Hukum Gratis

Fakultas Hukum Unej Buka Pelayanan Bantuan Hukum Gratis

Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember bekerjasama dengan Pengadilan Negeri (PN) Jember mulai kerjasama menyediakan bantuan hukum gratis.

Layanan bantuan hukum itu bisa diperoleh masyarakat di kantor Pos Bantuan Hukum (Posbakum) FH Unej yang diresmikan, Senin, 10 Mei 2021.

Bantuan hukum non komersial atau pro bono itu diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu.

Diharapkan masyarakat yang lemah secara ekonomi tetap mendapatkan bantuan dalam menghadapi persoalan hukum.

Dekan FH Unej Bayu Dwi Anggono mengatakan layanan-layanan yang diberikan meliputi pemberian informasi hukum, konsultasi hukum, pemberian advis hukum dan pembuatan permohonan dan gugatan.

Bantuan hukum mereka lakukan secara komprehensif melibatkan dosen, paralegal, advokat mitra Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum (BPBH) FH Unej dan mahasiswa.

Bayu mengatakan targetnya Posbakum FH Unej bisa memberikan pelayanan yang nyaman dan aman untuk masyarakat.

Pendirian pos ini bertujuan melaksanakan pengabdian masyarakat yang menjadi bagian dari tri dharma kampus.

Pengabdian masyarakat Fakultas Hukum Unej ke depan diharapkan memiliki pola yang lebih komprehensif, sistematis dan berkelanjutan.

“Ini juga menjadi bukti bahwa Fakultas Hukum Universitas Jember hadir memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan hukum yang dihadapi oleh masyarakat,” kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember ini.

Ketua PN Jember Marolop Simamora mengungkapkan pos bantuan hukum itu aktif memberikan pelayanan sejak awal 2021.

Kantor Posbakum FH Unej menurutnya modern, nyaman serta melayani secara profesional sehingga berhasil meningkatkan animo masyarakat terhadap topik hukum.

Terbukti hingga awal Mei 2021, terdapat 116 warga tidak mampu yang memanfaatkan layanannya dalam mencari keadilan.

Ketua Pengadilan Negeri Jember ini mengatakan kerjasama pihaknya dengan FH Unej itu juga bagian dari adaptasi terhadap pandemi. Posbakum FH Unej memberikan layanan konsultasi hukum daring sehingga warga tidak harus pergi ke PN Jember.

"Saat ini PN Jember bersama FH Unej dalam rangka adaptasi terhadap situasi pandemi juga mempersiapkan layanan Posbakum online. Kami ingin Posbakum dapat memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat," kata Marolop.






Baca Juga
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Total Kunjungan Bulanan