Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Nakes Banyuwangi di Wilayah Sulit Akses, Mendapat Penghargaan dari Bupati

 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyerahkan penghargaan terhadap instansi dan ASN berprestasi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57. Dok Humas Banyuwangi Kab
Bupati Banyuwangi Kab Ipuk Fiestiandani Serahkan Piagam Penghargaan

 

SELABAR BANYUWANGI - Dua orang tenaga kesehatan (nakes) di wilayah sulit akses di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mendapatkan penghargaan dari Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Selasa (30/11/2021).

Mereka adalah Dian Larasati bidan di Puskesmas Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, dan Edy Dwi Prayitno yang merupakan perawat di fasilitas kesehatan PT Perkebunan Merubetiri.
 

Banyuwangi Kab memberikan penghargaan terhadap keduanya karena tetap aktif memberikan pelayanan kesehatan di wilayah sulit akses.

Di antaranya memberikan pelayanan kesehatan jemput bola untuk berbagai keluhan dan vaksinasi keliling.

Di wilayah kerja keduanya, akses kendaraan sulit dilewati dan akses komunikasi juga susah didapatkan.

Penghargaan diberikan pada momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 di Pendopo Banyuwangi.

"Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas perjuangan semua tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan, yang hampir dua tahun ini bahu-membahu berjuang di garda terdepan dalam penanggulangan pandemi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HKN, Selasa (30/11/2021).

Kedua nakes di daerah sulit akses mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati Banyuwangi dan bantuan alat kesehatan (alkes) yang bersumber dari pertanggungjawaban sosial (CSR) Bank Jatim.

Berbagai penghargaan memang diberikan terkait peran masing-masing dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Penghargaan fasilitas kesehatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terbanyak diberikan kepada Polresta Banyuwangi, dan fasilitas kesehatan penanganan Covid-19 diberikan kepada Kodim 0825 Banyuwangi.

Kemudian, penghargaan dengan capaian persentase vaksinasi dosis satu terbanyak diberikan kepada Kecamatan Rogojampi.

Penghargaan desa atau kelurahan dengan capaian persentase vaksinasi dosis satu terbanyak diberikan kepada Kepala Desa Benelan Lor, yang masuk wilayah Kecamatan Rogojampi.

Lebih lanjut, penghargaan fasilitas kesehatan di Banyuwangi Kab, berupa rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 diberikan kepada RSUD Blambangan.

Terakhir, penghargaan fasilitas kesehatan berupa puskesmas rujukan penanganan Covid-19, diberikan kepada Puskesmas Gitik, di wilayah Kecamatan Rogojampi.

“Baik yang bertugas secara tracer, petugas skrining, pemantau pasien, petugas yang berperan dalam pengobatan dan perawatan di rumah sakit, pengemudi ambulance, petugas penanganan jenazah pasien Covid-19, serta semua pihak yang tidak bisa saya sebut satu-persatu. Doa juga kita panjatkan untuk para nakes yang gugur saat menghadapi Covid-19," kata Ipuk lagi.

Dia juga menyampaikan kepada 128 pejabat eselon 2 hingga 4 yang telah dilantik sehari sebelumnya untuk langsung berkolaborasi. Alih-alih mengutamakan ego sektoral.

Ipuk menginstruksikan agar seluruh ASN meningkatkan kinerja, terutama dalam hal pelayanan masyarakat.

“Saya minta kepada seluruh pejabat yang baru saja dilantik agar segera melakukan akselerasi dan optimalisasi dalam berbagai lini, di bidang kesehatan,” katanya.(Selabar.id / Udi)