Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyuwangi Kab Beri Hadiah Anggaran Infrastruktur di Desa

kota banyuwangi,kota bwi,di banyuwangi,banyuwangi kab,musrenbangcam banyuwangi, infrastruktur banyuwangi, kabar banyuwangi, desa banyuwangi
Bupati Ipuk dalam Pembukaan Musrenbangcam (Humas Banyuwangi Kab)

Banyuwangi Kab mulai menyelenggarakan rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) untuk pembangunan tahun 2023.

Musrenbangcam Banyuwangi itu dibuka dengan acara yang digelar di Kantor Kecamatan Bangorejo, diikuti kecamatan-kecamatan lain melalui daring, Rabu (23/2/2022).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani membuka acara itu dengan mengatakan, bahwa fokus pembangunan tahun depan masih pada pemulihan ekonomi.

Banyuwangi Kab akan menambah anggaran desa-desa untuk pembangunan infrastruktur yang juga menjabat fokus utama tahun 2023.

Tambahan anggaran itu akan disalurkan dalam skema Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) Infrastruktur Jalan yang baru diterapkan tahun ini.

PIK Infrastruktur Jalan jumlahnya diperoleh dari perhitungan realisasi PBB sebelum jatuh tempo, atau diberikan atas reward atau hadiah atas kinerja realisasi PBB masing-masing desa.

Tersedia juga PIK Kelurahan yang mulai diterapkan tahun ini, di samping PIK reguler yang sudah berjalan sebelumnya.

"Ada yang berbeda pada Musrenbangcam kali ini. Meski di tengah pandemi Covid-19 dengan segala keterbatasan, untuk pertama kalinya kami akan memberikan alokasi PIK Insfrastruktur Jalan dan PIK Kelurahan, selain PIK Reguler yang telah rutin diberikan di tahun-tahun sebelumnya. Ini akan kita berlakukan mulai tahun 2023 ke depan," kata Ipuk.

Bupati Ipuk mengatakan, pembangunan infrastruktur tidak hanya memperbaiki jalan menjadi lebih bagus saja.

Melainkan juga memiliki dampak turunan secara positif terhadap pergerakan ekonomi di desa-desa.

Pembangunan infrastruktur juga sebetulnya menjadi prioritas Banyuwangi Kab tahun ini, yang bersifat pembangunan baru maupun perbaikan.

Pemerintah Banyuwangi Kab tahun 2022 ini menargetkan aktivitas pembangunan seperti itu dilaksanakan di seribu titik di Bumi Blambangan.

Dengan demikian akan terbuka akses yang lebih baik dan pusat-pusat aktivitas ekonomi baru di Kabupaten Banyuwangi.

Bupati Ipuk mengatakan kegiatan pembangunan infrastruktur di tahun ini berhasil menyerap sepuluh ribu tenaga kerja padat karya.

Tahun depan, pembangunan yang demikian juga dilakukan melalui PIK Infrastruktur Jalan yang tengah direncanakan.

“Kami sediakan PIK infrastruktur jalan sekitar Rp 23,4 M bagi desa yang telah melunasi target pembayaran PBB di wilayahnya. Sudah ada 114 desa yang memenuhi syarat ini, jadi mereka akan mendapatkan tambahan anggaran PIK untu tahun 2023 mendatang,” kata Ipuk.

Musrenbangcam Banyuwangi Kab itu bertemakan, Akselerasi Pemulihan Ekonomi Inklusif Berbasis Digitalisasi, Infrastruktur Tematik, Harmoni dan Pengembangan SDM.

Bupati Ipuk juga meminta pemerintah kecamatan untuk fokus kepada pemulihan ekonomi, penguatan kapasitas SDM dan sistem kesehatan, mengurangi kesenjangan sosial, penguatan modal sosial masyarakat, kualitas layanan publik dan adaptasi manajemen pemerintah, serta kapasitas fiskal daerah. (Selabar.id / Udi)