Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bfest Setiap Akhir Pekan dengan Kesenian Lokal di Banyuwangi Culture Every Week

bfest,banyuwangi kab,kabar banyuwangi,banyuwangi festival,tari banyuwangi,tari gandrung,pasar wisata terpadu,kasus covid di Banyuwangi,
Pembukaan Banyuwangi Culture Every Week - Bfest (Dok Banyuwangi Kab)

 

Bfest 2022 memberikan pertunjukan kesenian lokal setiap akhir pekan bernama Banyuwangi Culture Every Week (BCE).


Setiap Sabtu sore, akan ada pertunjukan kesenaian daerah yang akan dibawakan oleh pelajar-pelajar di Banyuwangi.


Misalnya dalam peuncuran Bfest Banyuwangi Every Week, tampil pelajar dari SD, SMP dan SMA di Kecamatan Giri, Banyuwangi, Sabtu sore 5 Februari 2022.

 

Tari Gandrung hingga Tari Barong menjadi pertunjukan seni yang ditampilkan sore itu, di halaman Pasar Wisata Terpadu, Kelurahan, Sobo, Banyuwangi.


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, Banyuwangi Culture Everyweek (BCE) merupakan panggung bagi pelajar untuk tampil dengan minat dan bakatnya di bidang seni. 
 
Acara itu juga sebagai upaya untuk melestarikan tradisi dan budaya lokal Banyuwangi di kalangan generasi muda. 

"Ini adalah salah satu upaya regenerasi seniman muda di Banyuwangi. Kami ajak anak-anak muda yang berbakat dan minat seni untuk berkreasi sebaik-baiknya di panggung ini. Saya yakin, di antara ribuan siswa yang terlibat di event ini, pasti akan ada siswa yang akhirnya tertarik untuk menekuni seni dan budaya daerah," kata Ipuk.

 

Bfest, kata Ipuk, telah terbukti 10 tahun terakhir mampu menggerakkan perekonomian Banyuwangi. Maka pihaknya kembali penyelenggarakannya tahun ini.

 

Banyuwangi Kab mengaku berupaya menyelenggarakan protokol kesehatan dalam setiap penyelenggaraan Bfest 2022.


Bfest 2022 yang diselenggarakan dengan menaati protokol kesehatan, kata Ipuk, menjadi cara yang diyakini bisa menggerakkan ekonomi di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.


Bfest dan para pengunjung, mau tidak mau harus menaati protokol kesehatan. Agar manfaat tetap didapat dan risiko bisa dihindari.(Selabar.id / Udi)