Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bfest Festival Imlek 2022 di Banyuwangi yang Merah Meriah

bfest,festival imlek,banyuwangi kab,kota banyuwangi,banyuwangi festival,klenteng hoo tong bio, banyu wangi,kota bwi,di banyuwangi,
Bfest Festival Imlek 2022 (Dok Banyuwangi Kab)

Bfest 2022 turut merayakan Festival Imlek yang kegiatannya terpusat di Klenteng Hoo Tong Bio, Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi Kab.

 

Di sana berbagai ornamen dan pakaian pejabat berwarna merah, dalam memperingati masuknya tahun macan air itu.

 

Bfest Imlek 2022 menyuguhkan sejumlah atraksi seni, yang memadukan budaya Tionghoa dengam kesenian lokal Banyuwangi.

Misalnya tari barongsai, tari kipas, hingga penampilan lagu-lagu bahasa Osing dalam memeriahkan acara. 
 
Musik tradisional pengiringnya berupa perangkat gamelan beradu suara dengan tetabuhan khas negeri tirai bambu.
 
Perayaan Imlek tak hanya diikuti masyarakat Tionghoa dan penganut Tri Dharma, tetapi juga masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan beragam keseniannya.
 
Tak hanya kesenian, ada pula bazar kuliner khas Tionghoa, seperti nasi ayam hainan, bebek dan ayam Peking, bakcang, burger Shanghai, bakpao, dimsum, kwetiau, dan lainnya. 


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, Festival Imlek ini, menjadi bagian dari upaya untuk merajut persatuan dan harmoni di kalangan masyarakat.

 

“Keharmonisan dalam masyarakat menjadi modal utama membangun Banyuwangi yang lebih baik,” kata Ipuk, Minggu 6 Februari 2022.

 

Bfest, kata Ipuk, menjadi bagian dari gerakan Banyuwangi Rebound yang salah satu unsurnya adalah, upaya untuk merajut harmoni di kalangan masyarakat.(Selabar.id / Udi)