Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BLT Minyak Goreng Banyuwangi Menyasar 124.047 Keluarga, Siapa Mereka?

kota banyuwangi,kota bwi,oleh oleh khas banyuwangi,di banyuwangi,banyuwangi kab,BLT minyak goreng Banyuwangi,bantuan tunai banyuwangi, blt banyuwangi, cara daftar blt banyuwangi, daftar penerima bantuan banyuwangi
Bupati Ipuk menyapa penerima BLT minyak goreng Banyuwangi. Foto: Humas Banyuwangi Kab


BLT minyak goreng Banyuwangi Kab mendapatkan jatah 124.047 kepala keluarga (KK) yang akan dibagikan selama April 2022.

BLT minyak goreng untuk Banyuwangi Kab nilainya Rp 100 ribu per bulan, dan dibagikan langsung untuk jatah 3 bulan.

Siapa penerima BLT minyak goreng Banyuwangi Kab?

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB (Dinsos PPKB) Henik Setyorini mengatakan, penerima BLT minyak goreng adalah penerima bantuan sosial jenis lain sebelumnya.

Sebanyak 124.047 keluarga penerima manfaat (KPM) BLT minyak goreng itu merupakan penerima Bantuan Sosial Pangan (BSP) dan terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Bahkan, selain BLT minyak goreng, mereka bulan ini juga menerima BSP jatah Mei senilai Rp 200 ribu per bulan.

Pihaknya selama April 2022 akan menyalurkan dua jenis bansos dari pemerintah pusat itu dengan total sekitar Rp 62 miliar, untuk 124.047 keluarga.

"Jadi masing-masing KPM akan menerima langsung dua bantuan, BSP untuk jatah bulan Mei dan BLT minyak goreng jatah bulan April sampai Juni. Total yang diterima Rp 500 ribu,” kata Henik, di Kecamatan Purwoharjo, Kamis (14/4/2022).

BLT minyak goreng Banyuwangi Kab didistribusikan Kantor Pos

PT Pos Indonesia atau Kantor Pos yang bertugas mendistribusikan BLT minyak goreng tersebut di sejumlah kantor desa yang mereka tetapkan.

Kepala Kantor Pos Banyuwangi Trian Nugroho menjelaskan, pendistribusian dilakukan secara bertahap.

Bagi warga yang belum bisa hadir ke kantor desa sesuai jadwal yang telah ditentukan, misalnya karena urusan mendesak lain, bisa mendatangi kantor-kantor pos terdekat di lain waktu.

Pengambilan langsung BLT minyak goreng untuk Banyuwangi di Kantor Pos ini akan dilayani maksimal sampai tanggal 28 April 2022.

Namun untuk lansia atau yang kesulitan datang ke kantor desa mengambil BLT minyak goreng untuk Banyuwangi itu, pihaknya akan mengantarnya.

“Misalnya lansia sakit. Kami berkoordinasi dengan pihak desa siapa saja yang memang berhalangan. Nanti kami yang akan mengantarkan bantuan ke rumah-rumah mereka,” kata Trian.

BLT minyak goreng untuk Banyuwangi Kab dan BSP itu dibagikan dibarengi pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 hingga warga bisa sekalian mendapatkan vaksin.

BLT minyak goreng untuk Banyuwangi Kab itu ditanggapi secara positif oleh masyarakat, salah satunya Umi Handayani warga Kecamatan Purwoharjo.

"Alhamdulillah bisa buat beli minyak goreng dan kebuituhan dapur lainnya. Ini sangat membantu kami,” kata Umi. (Selabar.id / Udi)