Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyuwangi Kab Gelar Kompetisi Surfing Kelas Dunia, Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat Terlibat

kota banyuwangi,kota bwi,oleh oleh khas banyuwangi,di banyuwangi,banyuwangi kab,kabar banyuwangi,kompetisi surfing,lomba selancar,Sandiaga Uno,Pantai Plengkung,Pantai G Land,WSL Championship Tour 2022
Pantai Plengkung tempat lomba selancar dunia (Humas Banyuwangi Kab)
 

Banyuwangi Kab menggelar kompetisi surfing kelas dunia tahun ini, yang berlokasi di Pantai Plengkung, atau G Land, Taman Nasional (TN) Alas Purwo.

World Surf League (WSL) Championship Tour 2022, merupakan nama resmi dari kegiatan skala internasional itu.

Pemerintah dan Pemprov Jatim turut andil dalam mendukung kompetisi surfing yang akan digelar pada 26 Mei - 4 Juni 2022 itu.

Banyuwangi Kab, dengan demikian, mendapatkan dukungan-dukungan dalam penyelenggaraan lomba selancar itu.

Kerja bersama itu dilakukan dengan rapat koordinasi dan pengerjaan masing-masing bagian agar lomba selancar itu sukses digelar.

“Ya, kami terus berkoordinasi dengan banyak pihak. Alhamdulillah kementerian terus mematangkan persiapan WSL ini. Kami juga sudah rapat dengan Pak Sandiaga Uno (Menparekraf), dan kemarin Kemenko Marves juga turun ke lapangan mengecek semua persiapannya. Dukungan dari Pemprov Jatim juga sangat tinggi,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (24/2/2021).

Bupati Ipuk saat rapat koordinasi mendengarkan bagaimana Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan siap mendukung agenda kompetisi surfing Banyuwangi itu.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pihaknya akan menggelar acara pendukung dan promosi, sehingga lomba selancar Banyuwangi itu semakin meriah.

"Kami ingin memastikan bahwa penyelenggaraan ini akan sukses. Kami akan menyiapkan sejumlah side event untuk mendukung dan memeriahkan acara spektakuler ini, termasuk promosinya untuk mendukung kesuksesan gelaran ini,” kata Menpar Sandiaga.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) pun tak mau ketinggalan, dan mulai meninjau lokasi.

Selama dua hari pada pekan ini, tim gabungan yang dipimpin Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves Kosmas Harefa, meninjau kesiapan gelaran WSL di Banyuwangi.

“Kami mengidentifikasi berbagai kebutuhan menuju hari H. Kita terus matangkan persiapannya,” kata Kosmas Harefa.

Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Pemkab Banyuwangi, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jatim, dan sejumlah stakeholder lainnya, turut dalam kegiatan tinjau lapangan itu.

Banyuwangi Kab dan pihak terkait lainnya dituntut untuk menyelesaikan persiapan infrastruktur ajang lomba selancar.

“Ini momen yang sangat baik untuk kebangkitan ekonomi nasional, terutama Banyuwangi sebagai tuan rumah. Kita harus manfaatkan betul kesempatan ini. Kami juga akan dorong agar UMKM asli daerah bisa terangkat ke permukaan,” ujarnya.

WSL Champion Tour merupakan salah satu ajang olahraga yang memiliki jumlah peminat yang sangat tinggi.

Banyuwangi Kab sengaja memilih lomba selancar ini karena memiliki engagement sosial media nomor tiga setelah NBA dan NFL, hingga dinilai cocok dijadikan media promosi pariwisata Banyuwangi.

Oleh oleh khas Banyuwangi apa yang cocok dipersiapkan untuk para peserta dan penonton acara lomba selancar WSL Championship Tour 2022 ini dari Kota Banyuwangi? (Selabar.id / Udi)