Full width home advertisement

Banyuwangi Hari Ini

Post Page Advertisement [Top]

 

Kopi Banyuwangi jadi oleh-oleh favorit wisatawan asing
Kopi Banyuwangi jadi oleh-oleh favorit wisatawan asing (foto:Sumedangkab)

SELABAR BANYUWANGI - Oleh oleh khas Banyuwangi menjadi salah satu elemen yang tak terlepas dari pengembangan destinasi wisata Banyuwangi.


Oleh oleh khas Banyuwangi menjadi tempat UMKM Banyuwangi turut mengambil keuntungan ekonomi di tengah pengembangan sektor pariwisata daerah.


Oleh oleh khas Banyuwangi juga turut mendukung daya tarik daerah yang membuat wisatawan bisa semakin mantap untuk menunaikan tujuannya berwisata ke Bumi Blambangan.


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi bekerjasama dengan Alvara Research menghasilkan survei oleh-oleh Banyuwangi yang paling banyak dibeli wisatawan, termasuk wisatawan asing.


Hal ini penting dilakukan untuk melihat pengetahuan dan minat wisatawan, terutama wisatawan asing dengan nilai belanja yang lebih besar, terhadap oleh oleh di Banyuwangi.


Alvara Research melakukan survei kepada 100 wisatawan asing atas pengetahuan mereka pada jenis-jenis oleh-oleh yang ada di Banyuwangi, dan oleh-oleh apa saja yang mereka beli dalam berlibur di Banyuwangi. 


Hasilnya kopi menjadi oleh oleh khas Banyuwangi yang paling banyak dibeli wisatawan asing, dimana 75 persen dari mereka membelinya.


Selanjutnya ada keripik rumput laut, kaos Banyuwangi dan kerajinan bambu, yang selisihnya tak begitu banyak yakni persentasenya secara berurutan 40, 37 dan 32 persen.


Selanjutnya Kue bagiak, batik Banyuwangi, dan ladrang ubi jalar yang dibeli oleh 13, 12 dan 3 persen wisatawan asing responden survei.


Selain itu ternyata 100 persen wisatawan asing responden survei merasa cukup mengenal kopi Banyuwangi, yang kemudian menjadi oleh-oleh Banyuwangi pilihan utama mereka.


Beberapa desa di Banyuwangi memiliki produsen kopi sangria hingga buruk yang dikembangkan menjadi produk oleh-oleh.


Di antaranya Desa Kemiren, Telemung, Kalipuro, Licin, Kalibaru dan Kopi Gombengsari yang memiliki jenamanya masing-masing.


Banyuwangi Hari Ini yang merupakan kanal khusus data Selabar.id, kali ini menampilkan data oleh-oleh Banyuwangi yang dipilih oleh wisatawan asing.


Oleh oleh khas Banyuwangi yang paling banyak dipilih wisatawan berdasarkan survei yang dipublikasikan pada tahun 2018 sebagai berikut.

oleh oleh khas banyuwangi favorit wisatawan asing kopi banyuwangi
Oleh oleh khas Banyuwangi favorit wisatawan asing

(Selabar.id/Udi)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar

Silahkan Masukkan Komentar yang Sesuai untuk Artikel di Atas.

Bottom Ad [Post Page]